Ahad, 6 Julai 2014

Cara Membantu Si Mati Secara Sunnah #1

[Cara Membantu Si Mati Secara Sunnah #1]


Mendoakannya sebaik sahaja pejamnya mata arwah. Dalilnya:


Dari Ummu Salamah-yang namanya adalah Hind [radiyallahu 'anha], beliau mengatakan,
دَخَلَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه و سلم عَلَى أَبِي سَلَمَةَ وَقَدْ شَقَّ بَصَرُهُ، فَأَغْمَضَهُ، ثُمَّ قَالَ: إِنَّ الرُّوْحَ إِذَا قُبِضَ، تَبِعَهُ الْبَصَرُ. فَضَجَّ نَاسٌ مِنْ أَهْلِهِ. فَقَالَ: لاَ تَدْعُوْا عَلَى أَنْفُسِكُمْ إِلاَّ بِخَيْرٍ، فَإِنَّ الْمَلاَئِكَةَ يُؤَمِّنُوْنَ عَلَى مَا تَقُوْلُوْنَ. ثُمَّ قَالَ: اَللّهُمَّ اغْفِرْ لأَبِي سَلَمَةَ، وَارْفَعْ دَرَجَتَهُ فِي الْمَهْدِيِّيْنَ، وَاخْلُفْهُ فِي عَقِبِهِ فِي الْغَابِرِيْنَ، وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ، وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ وَنَوِّرْ لَهُ فِيْهِ.


"Rasulullah [Sallallahu 'alaihi wasallam] menjengok (wafatnya) Abu Salamah ketikamana matanya masih terbuka, lalu baginda memejamkan matanya. Kemudian baginda mengatakan, 'Sesungguhnya ruh apabila dicabut, maka mata mengikutinya.' Lalu beberapa orang dari ahli keluarganya menangisinya, maka baginda bersabda, 'Janganlah berdoa untuk diri kalian kecuali dengan kebaikan. Ini adalah kerana, para malaikat akan mengaminkan apa yang kalian ucapkan.' Kemudian baginda mengucapkan, 'Ya Allah, berilah ampunan untuk Abu Salamah, tinggikanlah darjatnya di tengah golongan yang mendapat petunjuk, jadikanlah (seorang pengganti) untuknya untuk mengurus keluarga yang ditinggalkannya, ampunilah kami dan dia wahai Rabb semesta alam, serta luaskanlah untuknya dalam kuburnya dan berilah cahaya untuknya di dalamnya'.

(Hadis riwayat Muslim: http://sunnah.com/muslim/11/8)

Dari hadis ini, Rasulullah [Sallallahu 'alaihi wasallam] mendoakan Abu Salamah [radhiallahu 'anhu] dengan menyebut nama beliau dengan lafaz berikut:


اَللّهُمَّ اغْفِرْ لأَبِي سَلَمَةَ، وَارْفَعْ دَرَجَتَهُ فِي الْمَهْدِيِّيْنَ، وَاخْلُفْهُ فِي عَقِبِهِ فِي الْغَابِرِيْنَ، وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ، وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ وَنَوِّرْ لَهُ فِيْهِ

Ya Allah, berilah ampunan untuk Abu Salamah, tinggikanlah darjatnya di tengah golongan yang mendapat petunjuk, jadikanlah (seorang pengganti) untuknya untuk mengurus keluarga yang ditinggalkannya, ampunilah kami dan dia wahai Rabb semesta alam, serta luaskanlah untuknya dalam kuburnya dan berilah cahaya untuknya di dalamnya

Perkara yang dimohon adalah:

  1. tinggikan darjat
  2. pengganti bagi menguruskan keluarga yang ditinggalkannya
  3. ampunan
  4. luaskan kubur
  5. cahaya di dalam kubur

Maka, sebagai umat Nabi Muhammad [Sallallahu 'alaihi wasallam], marilah kita mendoakan mereka yang meninggalkan kita, seperti yang ditunjukkan oleh Baginda [Sallallahu 'alaihi wasallam]. Moga nanti, kita juga akan didoakan dengan doa ini. Ameen.


Rujukan: BAB DOA YANG DIUCAPKAN SETELAH MEMEJAMKAN MATA MAYAT http://www.alsofwah.or.id/cetakdoa.php?id=239
Catat Ulasan