Khamis, 2 Oktober 2014

Aku berharap, agar akulah yang jadi mayit tu

تَمَنَّيْتُ أَنْ أَكُونَ أَنَا ذَلِكَ الْمَيِّتَ

Aku berharap, agar akulah yang jadi mayit tu

.....

Seorang sahabat nabi sallallahu 'alaihi wa sallam, 'Auf bin Malik, merasa teruja dengan doa yang diucapkan oleh Rasulullah ketika menunaikan satu solat jenazah:



عَنْ حَبِيبِ بْنِ عُبَيْدٍ، عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ، سَمِعَهُ يَقُولُ سَمِعْتُ عَوْفَ بْنَ مَالِكٍ يَقُولُ: صَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم عَلَى جَنَازَةٍ فَحَفِظْتُ مِنْ دُعَائِهِ وَهُوَ يَقُولُ ‏ "‏ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ ‏"‏ ‏.‏ قَالَ حَتَّى تَمَنَّيْتُ أَنْ أَكُونَ أَنَا ذَلِكَ الْمَيِّتَ ‏.


Dari Habib bin 'Ubaid, dari Jubair bin Nufair, Habib telah mendengar Jubair berkata: Aku telah mendengar 'Auf bin Malik, berkata; Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam telah solat ke atas satu jenazah, maka aku telah menghafal dari do'a baginda. Baginda mengucapkan: "Ya Allah, berilah ampunan kepadanya, kasihanilah dia, maafkanlah dia dan selamatkanlah dia. Muliakanlah saat turunnya dan luaskanlah tempat masuknya (kuburannya). Mandikanlah dia dengan air, salji dan embun. Bersihkanlah dia dari kekotoran sepertimana kau bersihkan baju putih dari kotoran. Gantikanlah dia, rumah yang lebih baik dari rumahnya, keluarga yang lebih baik dari keluarganya dan pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Dan masukkanlah dia ke dalam syurga dan lindungilah dia dari azab kubur atau dari azab Neraka." 'Auf berkata; "Sehingga Aku berharap, agar akulah yang jadi mayit (yang didoakan) itu."

Apakah yang diminta oleh Rasulullah dari doa tersebut?

  1. Ampunan kepada simati
  2. Kasihani simati
  3. Maafkan simati
  4. Selamatkan simati
  5. Muliakan simati, ketika turunnya
  6. Luaskan tempat masuk simati
  7. Mandikan simati dengan 3 jenis air
  8. Bersihkan simati
  9. Gantikan rumah yang lebih baik
  10. Gantikan keluarga yang lebih baik
  11. Gantikan pasangan yang lebih baik
  12. Masukkan ke syurga
  13. Lindungan dari azab kubur
  14. Lindungan dari azab neraka
SubhanAllah! patutlah 'Auf bin Malik, radhiallahu 'anhu mengucapkan: "Aku berharap, agar akulah yang jadi mayit tu"


Catat Ulasan